PROGRAM STUDI AKUNTANSI

Program Program Studi Akuntansi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta berdiri pada tahun 1993, dengan memperoleh status terdaftar pada tanggal 20 April 1993 berdasarkan SK Mendikbud RI No. 13110/DIKTI/Kep./1993. Perkembangan pesat terjadi seiring dengan berbagai upaya sungguh-sungguh dan konsisten. Pada tahun 2005, Progran Studi Akuntansi Berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional (BAN) Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 021/BAN-PT/Ak-IX/S1/XI/2005 memperoleh status terakreditasi dengan nilai A.

VISI

"Menjadi program studi yang berorientasi global dan masa depan dengan bertumpu pada penguatan iman dan taqwa kepada Allah SWT dan pada penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang akuntansi, dan menjadi pusat keunggulan yang bermanfaat bagi umat manusia."

 

MISI

"Berperan aktif dalam proses pembangunan bangsa maupun pencerahan umat manusia melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi di bidang akuntansi, menghasilkan sarjana akuntansi yang berorientasi global dan masa depan, membina Sarjana Muslim agar memiliki akhlak yang mulia."

 

PENGELOLAAN PROGRAM STUDI

Tata Kelola

Pengelolaan internal organisasi sangat penting dilakukan untuk meraih pencapaian sasaran sasaran program studi. Program studi Akuntansi dipimpin oleh ketua Program studi yang dibantu oleh sekretaris program studi, Kepala Laboratorium dan Kepala Pusat Pengembangan Akuntansi serta Pengelola Jurnal Akuntansi dan Investasi. Kepala laboratorium bertanggungjawab dalam pengelolaan perkuliahan yang berbasi pada kegiatan praktikum. Kepala Pusat dan Pengembangan bertanggungjawab dalam pengelolaan pengembangan program studi dalam bentuk pelatihan, kerjasama dan pemagangan mahasiswa serta alumni. Pengelola JAI bertanggungjawab dalam penerbitan jurnal ilmiah Program Studi Akuntansi secara berkala 2 kali dalam setahun. Untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas tidaklah mungkin tercapai tanpa melibatkan secara langsung mahasiswa. Untuk itu kelembagaan mahasiswa khususnya Himpunan Mahasiswa Akunatnsi (HIMA) menjadi bagian yang penting dalam upaya penciptaan akademik atmosphere. Dalam internal HIMA terdapat komunitas akademik yang terdiri dari Komunitas Bahasa Inggris, Komunitas Keuangan syariah, Komunitas Sektor Publik, Komunitas Auditing dan Komunitas sistim Informasi. Struktur Organisasi program Studi susun untuk mengakomodasi pendelegasian wewenang, pembagian tugas, dan fleksibilitas aktifitas untuk pengembangan program studi. Untuk menjalankan organisasi yang kondusif, efektif dan bertanggungjawab, maka, perikehidupan civitas akademika harus berlandaskan pada nilai-nilai keislaman yang dicerminkan dalam budaya organisasi UMY yang terdiri dari: Efektifitas organisasi dijalankan sesuai dengan tata kerja dan pendelegasian wewenang yang jelas. Perencanaan kegiatan, anggaran, evaluasi kegiatan dan sistem pertanggungjawaban, melibatkan semua komponen secara tranparan diharapkan akan mendukung keberlanjutan pengemabngan program studi dan menjaga keharmonisan hubungan.

Sistim Penjaminan Mutu

Sistem penjaminan Mutu program Studi Akuntansi mengacu pada Permendiknas nomor 63 tahun 2009 tentang sistem penjaminan mutu pendidikan. Untuk menjamin kualitas penyelenggaraan dan pencapaian sasaran program studi, Program Studi Akuntansi mendapat arahan dan pengawasan dari badan penjaminan Mutu (BPM) UMY dalam pelaksanaan butir-butir mutu. Secara periodik BPM melakukan kegiatan Audit Mutu Akademik Internal (AMAI), sebagai bagian dari proses penjaminan mutu internal. Selain itu dalam internal program studi, dibentuk Gugus kendali Mutu (GKM) yang berperan sebagai partner bagi program studi dalam melaksanakan penjaminan mutu internal. Selan melaksanakan penjaminan mutu internal program studi juga melakukan penjaminan mutu eksternal yang dilaksanakan oleh DIKTI melalui Evaluasi Program Studi Berbasis Evaluasi Diri (EPSBED) dan Akreditasi yang dilaksanakan oleh BAN PT.

Perancangan Kurikulum

Secara periodik program studi melakukan evaluasi relevansi kurikulum. Evaluasi kurikulum dilakukan oleh para dosen melalui aktifitas diskusi rumpun para dosen, masukan dari mahasiswa, masukan dari pakar dan praktisi serta pengguna melalui kegiatan seminar, workshop, pelatihan, sarasehan dan kunjungan kepada pengguna. Secara periodic 4 sampai dengan 5 tahunan kurikulum disesuaikan dengan tuntutan kebutuhan dunia kerja. Kurikulum dirancang mengasu kepada peraturan pemerintah yaitu Kepmendiknas nomor 045/U/2002 tentang kurikulum Inti Perguruan Tinggi. Kurikulum dirancang untuk menghasilkan lulusan yang menguasai kompetensi utama, kompetensi pendukung dan kompetensi lainnya. Kompetensi untama merupakan kompetensi yang menjadi cirri khas program studi akuntansi yang berupa kemampuan menyusun laporan keuangan, menghasilkan informasi untuk pengambilan keputusan manajemen dan kemampuan untuk memeriksa laporan keuangan. Kompetensi Pendukung merupakan kompetensi yang menjadi cirri khas dan keunggulan program studi akuntansi. Keahlian dalam akuntansi Syariah, akuntansi sektor public, dan kemampuan dalam merancang sistiam akuntansi berbasis IT merupakan keunggulan program studi akuntansi UMY dibandingkan dengan program studi akuntansi lainnya, sedangkan kompetensi lainnya merupakan kompetennsi diluar program studi yang memiliki peran dalam perkembangan karir lulusan seperti kemampuan bahasa Inggris, integritas (akhlak) dan penguasaan terhadap teknologi dan informasi. Selain kompetensi diatas Program Studi Akuntansi menyadari bahwa perkembangan karir lulusan sangat dipengaruhi oleh kemampuan softskill seseorang. Mempertimbangkan hal tersebut, kompetensi lain yang harus dikuasi oleh lulusan adalah kemampuan softskill lulusan.

KOMPETENSI LULUSAN

Kompetensi Utama

Mampu menyusun laporan keuangan perusahaan Jasa, Dagang, Manufaktur dan Perbankan Syariah sesuai dengan Prinsip Akuntansi Berterima Umum (PABU). Mampu menyajikan informasi keuangan untuk kebutuhan internal perusahaan. Mampu merancang sistem akuntansi manual dan berbasis Teknologi Informasi. Mampu merancang kertas kerja dan melakukan pemeriksaan laporan keuangan.

Kompetensi Pendukung

Mampu menyusun dan memeriksa laporan keuangan syariah. Mampu menyusun dan memeriksa laporan keuangan sektor publik. Mampu merancang sistem akuntansi berbasis teknologi informasi

Kompetensi Softskill

Mampu belajar secara mandiri dan berkelanjutan (longlife learner). Mampu menganalisa masalah-masalah (studi kasus) dalam Praktik dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif (analytical skills). Kreatif dan inovatif dalam memberikan solusi terhadap masalah-masalah (studi kasus) (problem solving & creative skills). Mampu menyampaikan pendapat secara jelas baik secara lisan maupun tulisan serta menghargai pendapat orang lain dalam diskusi (communication skills). Mampu bekerja dalam tim untuk menyelesaikan kasus-kasus (working in team skills). Menghayati dan mengamalkan tujuan hidup untuk kesejahteraan bersama yang berlandaskan pada nilai-nilai Islam. (Ethical skill).

Kompetensi Lainnya

Menguasai bahasa asing khususnya bahasa Inggris. Menguasai teknologi informasi. Memiliki integritas dan etika yang tinggi.

© Universitas Muhammadiyah Yogyakarta | Created by Biro Sistem Informasi UMY |