Kembali program Magister Manajemen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta sebagai sekolah bisnis pascasarjana yang unggul dan Islami menorehkan prestasi melalui salah satu dosen tetapnya, Prof. Dr. Heru Kurnianto Tjahjono yang terpilih menjadi Dosen Berprestasi Terbaik Kopertis Wilayah V Daerah Istimewa Yogyakarta tahun 2012. Hal ini tertuang dalam Keputusan Koordinator Kopertis Wilayah V Daerah Istimewa Yogyakarta No. 070/PDB/V/2012 tanggal 8 Mei 2012. Prestasi ini merupakan salah satu prestasi kelembagaan UMY, khususnya MM UMY dalam mewujudkan passion unggul dan Islami melalui peningkatan prestasi akademik para dosen di lingkungan UMY.

 

 

 

Dengan sejumlah karya ilmiah berkualifikasi internasional antara tahun 2009 sd 2012, Prof. Dr Heru Kurnianto Tjahjono yang juga Ketua Program MM UMY diajukan oleh Universitas Muhammadiyah Yogyakarta sebagai dosen berprestasi terbaik UMY untuk mengikuti ajang akademisi Berprestasi Tingkat Kopertis Wilayah V DIY-2012. Beberapa penelitian Prof. Dr. Heru Kurnianto Tjahjono telah dipublikasikan pada beberapa jurnal internasional termasuk yang terindeks dalam scopus dan prestasi menjadi pembicara pada beberapa konferensi internasional yang diikutinya secara aktif di Singapura, Malaysia, Taiwan dan beberapa negara lainnya, bahkan di antara paper ilmiahnya dinyatakan menjadi paper unggulan. Prestasi-prestasi tersebut mengantarkannya menjadi Dosen Berprestasi Kopertis Wilayah V Propinsi DIY 2012.

Karya pendamping lainnya adalah pengembangan mata kuliah Kepemimpinan Inovasi dalam konteks bisnis dan kewirausahaan berbasis pada potensi holistik manusia. Potensi holistik ini mencakup tidak hanya pikiran bawah sadar seperti rasionalitas dan logika, akan tetapi mengembangkan pula potensi bawah sadar (subconscious).  Dengan pengembangan mata kuliah ini, maka pada tataran operasional MM UMY menjadi sekolah bisnis pertama memadukan soul-mind dan body melalui perkuliahan yang memadukan aspek kognitif dan afektif.

Saat ditemui di ruang kerjanya, Prof. Dr. Heru Kurnianto Tjahjono merasa sangat terinspirasi oleh tagline Universitas Muhammadiyah Yogyakarta – Muda Mendunia- dalam menggariahkan upaya mewujudkan passion UMY “unggul dan Islami”. Menurutnya tagline ini sebuah metafora luar biasa untuk diterjemahkan secara positif oleh segenap sivitas akademika UMY. Dengan banyaknya publikasi internasional yang dihasilkan Prof. Heru merupakan  salah satu partisipasi kongkrit dari tagline UMY “MUDA MENDUNIA” pungkasnya.

Sumber : http://mm.umy.ac.id/prof-dr-heru-kurnianto-tjahjono-dosen-berprestasi-terbaik-kopertis-wilayah-v-provinsi-diy-2012