Kurikulum

Dalam rangka menghasilkan lulusan sesuai kompetensi yang ditetapkan telah diimplementasikan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK)  berdasar peraturan Dirjen Dikti tentang pemberlakuan kurikulum program studi sesuai SK Mendiknas RI No 045/U/2002 tentang kurikulum inti pendidikan tinggi. Kurikulum dapat ditempuh mahasiswa dalam waktu 3,5 tahun dengan total sks 144, dengan pengelompokan kompetensi setiap semester sebagai berikut.

 

Semester Jml sks/smt Tema kompetensi tiap semester
Semester 1 23 sks Kemampuan dasar untuk berfikir berdasarkan rasionalitas ekonomi untuk membaca peluang bisnis
Semester 2 23 sks Kemampuan teknologi Informasi, komunikasi dan alat statistik sebagai alat perbaikan proses bisnis
Semester 3 24 sks Mengaplikasikan prinsip manajemen dalam pengelolaan setiap fungsi bisnis
Semester 4 23 sks Memecahkan permasalahan operasional atau isu yang timbul dalam organisasi dan bisnis
Semester 5 24 sks Melakukan analisis peluang & riset bisnis untuk memformulasikan strategi bisnis
Semester 6 18 sks Mengaplikasikan bisnis dengan pendekatan proses & fungsi bisnis secara benar
Semester 7 9 sks Mengidentifikasi & memecahkan masalah dengan metodologi ilmiah & alat analisis yang tepat
TOTAL 144 SKS

 

Kurikulum tersebut didukung dengan proses pembelajaran yang mendukung penguatan empat softskills utama,  yaitu kemampuan mengaktualisasikan potensi diri untuk bekerjasama, kemampuan bernegosiasi & berkomunikasi secara efektif, kemampuan sebagai fasilitator, motivator,  mediator dan inspirator secara sistematik & efektif, dan kemampuan membangun hubungan interpersonal. Pada  semester pertama mahasiswa akan mendapatkan bridging programs dengan sasaran pembelajaran yang diarahkan pada pengembangan karakter

 

 

Pengembangan Kurikulum Kewirausahaan di Prodi Manajemen

Sesuai dengan tema keunggulan yaitu menghasilkan SDM dengan kemampuan manajerial dan entrepreneur,  dan sejalan dengan  upaya mencari jati diri dan keunggulan yang ditetapkan, Program Studi Manajemen mengembangkan Kurikulum Kewirausahaan yang menyiapkan lulusan yang memiliki jiwa kemandirian, inovasi dan kreativitas, kepemimpinan, dan keberanian mengambil resiko. Kurikulum ini didukung dengan metoda pembelajaran partisipatif, analitik, dan problem solving. Mahasiswa memperoleh muatan pembelajaran kewirausahaan yang mencakup pembelajaran kelas, observasi bisnis, pengembangan ide bisnis, penyusunan rencana bisnis, praktik bisnis, dan penyusunan proposal bisnis untuk mendapatkan pendanaan penguatan modal.   Terangkai dengan kurikulum ini  mahasiswa secara langsung  melakukan praktik bisnis yang sebelumnya telah menyusun  business plan dengan pendampingan tim dosen.

 

Alur Mata Kuliah Prodi Manajemen adalah sebagai berikut :

 

 

 

© Universitas Muhammadiyah Yogyakarta | Created by Biro Sistem Informasi UMY |