my resipi

resep kue kering resep puding cokelat
Ilmu Ekonomi | Fakultas Ekonomi

Ilmu Ekonomi

Assalamu’alikum WW.

Alhamdulillah, baru saja menjelang bulan Suci Ramadhan 1432 H ini (20-30 Juli 2011), kami, Program Studi Ilmu Ekonomi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta mendapat visitasi dalam rangkaian re-akreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional untuk Perguruan Tinggi (BAN-PT). Dan alhamdulillah, apa yang menjadi harapan kami telah terkabulkan oleh Allah SWT, yaitu menaikkan taraf  akreditasi menjadi “A”, dengan SK Ban PT No. 025.BAN-PT/AK-XIV/S1/IX/2011 tertanggal 23 September 2011. Ini merupakan sebuah pencapain yang luar biasa dalam usia Prodi yang begitu muda (berdiri 1999), dengan reputasi yang luar biasa, ditandai dengan reputasi dosen dan mahasiswa. Semoga memberi manfaat kepada ummat manusia.

 

Perlu kami sampaikan bahwa sepanjang pengetahuan kami, Program Studi IE UMY dengan nama resmi Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan (IESP) atau Ekonomi Pembangunan (EP) merupakan Prodi IESP yang pertama kali menyelenggarakan program ekonomi Islam dengan status dibawah kementeran Pendidikan Nasional, bahkan mungkin masih menjadi satu-satunya Prodi Umum yang menyelenggarakan program S-1 untuk ekonomi keuangan dan perbankan Islam. Program Ekonomi Islam atau ekonomi Syari’ah di Indonesia kebanyakan diselenggrakan di bawah naungan Kementerian Agama, dan satu atau dua dibawah Prodi baru bernama Ekonomi Syariah dibawah Fakultas Ekonomi (misalnya UI, Unair dan IPB). Namun di UMY, kami telah mengintegrasikan ilmu ekonomi dengan nilai-nilai dan perspektif Islam, sehingga mengubah Prodi IESP menjadi YANG PERTAMA atau bahkan mungkin masih merupakan SATU-SATUYA Prodi umum yang menyelenggarakan program ekonomi Islam, yang kami beri nama EKONOMI KEUANGAN DAN PERBANKAN ISLAM (EKPI)

 

Lebih dari itu, kami dengan tegas menyebut bahwa Prodi IESP UMY merupakan satu-satunya Prodi di Indonesia yang menyelenggarakan Program S-1 ekonomi Islam dengan STANDAR INTERNASIONAL dan pengantar bahasa Inggris, dengan branding yang khas yaitu International Program for Islamic Economics and Finance (IPIEF).